Sunday, May 29, 2016

Kepala Sekolah unggul dambaan umat



 Kepala Sekolah unggul dambaan umat
Kepimpinan adalah sejenis hubungan perilaku manusia,pengaruh, daya tindakan serta penghalangnya kearah matlamat yang tertentu dengan cara yang boleh menjamin kepatuhan, kepercayaan dan penghormatan. Hakikatnya kepimpinan dalam islam adalah merealisasikan khilafah di muka bumi, demi mewujudkan kebaikan dan prosses pembersihan sesebuah organisasi. Sebagaimana firman Allah swt :

فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ يَجِدُواْ فِى أَنفُسِهِمْ حَرَجاً مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُواْ تَسْلِيماً
Bermaksud, “maka demi tuhanmu, mereka pada hakikatnya tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap keputusan yang kamu berikan, dan mereka menerima sepenuhnya.”( Surah an-Nisaa’ ayat 65.). Nabi s.a.w. memerintahkan kepimpinan walau di dalam kumpulan yang sedikit jumlahnya. Sebagaimana sabda Nabi s.a.w.

عَنْ ‏أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ‏أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏قَالَ‏إِذَا خَرَجَ ثَلَاثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُم
Maksudnya, “ jika tiga orang keluar dalam satu perjalanan, maka hendaklah mereka memilih salah satu diantaranya sebagai pemimpin. (HR.Abu Daud).
Berdasarkan kenyataan tersebut, maka menurut Nur Cholis Huda (Wakil Ketua PWM Jawa Timur) pemimpin persyarikatan muhammadiyah dan amal usaha Muhammadiyah (kepala sekolah) harus dapat memilih pemimpin yang memenuhi  R. R1: Bener-Baik ibadah, nilai dan akhlaknya. R2: Pinter-paham persoalan dan bisa menyelesaikan persoalan. R3:Kober-bisa mengatur dan memenej waktu (aktif berkomunikasi dengan bawahan dengan selalu hadir sebagai pengoyom bawahan). R4:Seger-badannya harus sehat dan ekonominya kuat. R4: Banter-sebagai kader Muhammadiyah harus cekatan (gesit dalam bertindak). Jika Persyarikatan tidak merancang dan menyiapkan para kadernya secara sistematis dan organisatoris, maka dapat dipastikan bahwa Muhammadiyah sebagai suatu organisasi akan lemah lunglai, loyo tidak berkembang, tidak ada aktivitas dan tidak memiliki prospek masa depan (termasuk amal usaha yang dikelolanya). Karena itu, setiap organisasi haruslah memiliki konsep yang jelas, terencana dan sistematis dalam menyiapkan dan mengembangkan suatu sistem yang menjamin keberlangsungan transformasi dan diversifikasi kader serta regenerasi kepemimpinan.

Seorang pemimpin ada kalanya menganggap dirinya selalu benar. Ketika ia selalu menyalahkan bawahannya akan menjadi pemimpin yang semena-mena. Seseorang yang dalam hidupnya biasa menyalahkan orang lain, akan menutupi siapa dirinya yang sebenarnya. Ia akan menjadi narsis yang selalu berlebihan memandang orang lain salah menganggap dirinya selalu benar. Manakala melakukan kesalahan maka ia cenderung akan menyalahkan orang lain sebagai penyebabnya.
Agama melarang orang yang mempunyai sifat selalu menyalahkan orang lain.Padahal apabila ia berbuat baik sebenarnya kebaikannya untuk dirinya juga. “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka ( kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. (QS Al-Isra:7). Berlaku hukum gravitasi, setiap kejadian yang menimpa kita semuanya datang dari diri kita sendiri. Kegagalan, rasa sakit hati, kecewa, marah sebenarnya bersumber pada diri sendiri. Keburukan yang terjadi pada diri kita sebenarnya sumbernya juga berasal dari kita sendiri. Ketika kita membuang sampah sembarangan ke sungai sebenarnya kita telah membuat keburukan memunyai andil terjadinya banjir yang dapat merugikan orang lain.

Syaikhul Islam dalam karyanya as-Siyasah as-Syar’iyah tentang kriteria pemimpin yang baik. Beliau menjelaskan,وينبغي أن يعرف الأصلح في كل منصب فإن الولاية لها ركنان : القوة والأمانة
”Selayaknya untuk diketahui siapakah orang yang paling layak untuk posisi setiap jabatan. Karena kepemimpinan yang ideal, itu memilikidua sifat dasar: kuat (mampu) dan amanah.”
Kemudian beliau menyitir beberapa firman Allah, إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ
“Sesungguhnya manusia terbaik yang anda tunjuk untuk bekerja adalah orang yang kuat dan amanah.” (QS. Al-Qashas: 26).Dalil lainnya, pujian yang diberikan oleh penguasa Mesir kepada Nabi Yusuf, إِنَّكَ الْيَوْمَ لَدَيْنَا مَكِينٌ أَمِينٌ
“Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi seorang yang berkedudukan tinggi (kuat secara posisi) lagi dipercayai pada sisi kami”. (QS. Yusuf: 54).
Demikian pula karakter Jibril yang Allah amanahi menyampaikan wahyu kepada para rasul-Nya, karakter Jibril yang Allah puji dalam al-Quran,
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ ( ) ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ ( ) مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ
Sesungguhnya Al Qur’aan itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), ( ) yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, ( ) yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi amanah. (QS. At-Takwir: 19 – 21).

No comments:

Post a Comment

Pendaftaran Santri Baru PM Insan al-Muwahhid Purwokerto

SELAMAT DATANG SANTRI BARU TAHUN 2021/2022

 SELAMAT DATANG CALON SANTRI BARU PESANTREN INSAN AL-MUWAHHID PURWOKERTO Ayo daftar sekarang juga tinggal klik 👉 http://bit.ly/PSBAlmuwahhi...